Kamis, 08 Oktober 2015

Softskill (Psikologi & Teknologi Internet)



E-Service dalam Perkembangan Teknologi
Sistem Layanan Elektronik  atau Electronic Services merupakan satu aplikasi terkemuka memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang berbeda. Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat sebagian peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan layanan elektronik. Meskipun definisi ini berbeda, dapat dikatakan bahwa mereka semua sepakat tentang peran teknologi dalam memfasilitasi pelayanan yang membuat mereka lebih dari layanan elektronik.

  • Manfaat layanan elektronik
  • Mengakses basis pelanggan yang lebih besar

  •  Memperluas jangkauan pasar

  • Menurunkan penghalang masuk ke pasar baru dan biaya mendapatkan pelanggan baru


  •  Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
  • Mendapatkan keunggulan kompetitif
  • Potensi peningkatan pengetahuan pelanggan
Contoh E-Service yang akan dibahas ialah web JNE


JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah FiKi Jalur Nugraha Ekakurir (Fiki JNE). PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional. Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.
Bagi para pengguna jasa JNE untuk mempermudah pelayanannya, JNE menyediakan web yang bisa digunakan untuk, melihat harga ongkos kirim ke setiap wilayah, pelacakan paket kiriman menggunakan nomor resi.
Keuntungan :
·         Mempermudah untuk melakukan pengiriman baik dalam maupun luar negeri
·         Mempermudah untuk melihat posisi kiriman paket
·         Cepat dan praktis
·         Bisa melihat info harga ongkir dimana saja
·         Sangat membantu bagi para menjual online
Kerugian :
·         Estimates paket sampai kadang tidak sesuai seperti yang dicantumkan
·         AWB kadang tidak dapat dilacak

Referensi