Makalah
Ilmu Budaya Dasar
Disusun
oleh :
Nama
: Anisa Nur Arifah
NPM
: 11514289
Kelas
: 1PA15
Universitas
Gunadarma
2014
BAB I
Pendahuluan
a.
Latar belakang
Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu ilmu yang
mempelajari tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan berbagai macam masalah yang
dihadapi manusia di dalam hidupnya sehari-hari. Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai
pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris
“the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa
latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the
humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih
berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan
seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.
Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan
nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia
menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping
tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.
Tema
pokok perkuliahan ISD dan IBD sabagai bagian dari MKDU adalah hubunga timbal
balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat
mewujudkanadanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial dan
inilah yang menjadi pusat perhatian dari ilmu sosial dasar dan yang
penelaahannya menggunakan pendekatan berbagi disiplin dengan memanfaatkan
pengertian-pengertian yang berasal dari lapangan ilmu-ilmu sosial seperti :
sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.
Maka ilmu
budaya dasar ini termasuk ke dalam mata kuliah dasar umum yang merupakan mata
kuliah wajib. Kerena disinilah diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar
lulusan perguruan tinggi kita dari semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan
bahan pembicaraan. Kesamaan ini diharapkan, agar interelasi dan intelektuil
kita lebih sering dengan akibat yang positif bagi pembangunan negra kita pada
umumunya dan perbaikan pendidikan pada khususnya.
b. Tujuan penulisan
Tujuan
penulisan ini untuk menyelesaikan tugas mata kuliah ilmu budaya dasar yang di Universitas
Gunadarma. Dan yang lebih penting adalah makalah ini dapat memberikan informasi
kepada seluruh pembaca tentang ilmu budaya, sehingga kita dapat memahami semua
masalah sosial dan budaya yang ada.
c. Rumusan masalah
1. Sebagai salah satu mata kuliah dasar umum
2. Pengertian, tujuan ISD
3. Ruang lingkup ISD
Bab II
Pembahasan
1.1 Pengertian, tujuan
ISD dan IPS
a.
Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan
yang menelaah masalah-maslah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat
Indonesiadengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang
berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi,
geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan
gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, arena masing-masing sebagai
disiplin ilmu memilik objek dan metode ilmiah sendiri-sendiri yang tidsk
mungkin dipadukan.
b.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum,
Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :
·
Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
·
Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap
untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
·
Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya
mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
·
memahami jalan pikiran para ahli dari bidang
ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
c.
Tiga kelompok ilmu pengetahuan
Berdasarkan
dari macam-macam buku besar yang telah dijadikan sebagai sumber dan patokannya
ilmu penetahuan dibagi menjadi tiga yaitu:
- Ilmu pengetahuan alam
Ilmu alam adalah istilah
yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah
benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. Ilmu alam
mempelajari aspek-aspek fisik & nonmanusia tentang Bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam
membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya
dibedakan dari ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.
- Ilmu pengetahuan sosial
Ilmu pengetahuan
sosial
adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang
berhubungan dengan manusia dan lingkungan
sosialnya. Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara
subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap
kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang,
beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif.
Demikian pula, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian
sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang
mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa
aspek dalam metodologi ilmu sosial.
- Ilmu pengetahuan budaya
sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan
meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga
dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan
kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang
berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya
pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni,
dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam
melangsungkan kehidupan bermasyarakat
1.2 ISD dan IPS
a. Perbedaan antara ISD dan IPS
·
Ilmu Sosial
Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahaun Sosial
diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
·
Ilmu Sosial
Dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan
Sosial merupakan kelomppok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah
lanjutan).
·
Ilmu Sosial
Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu
Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan
intelektual.
b. Persamaan antara ISD dan IPS
·
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk
kepentingan program pendidikan/pengajaran
·
Keduanya
bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
·
Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
1.3
Ruang Lingkup ISD
1.
Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
2.
Konsep-konsep sosial atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep
dasar atau elemnter saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
3.
Masalah-masalah yang timbul dalam
masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang
antara satu dengan lainnya saling bersangkutan.
Perkuliahan
Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan pokok
bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan
mempelajari dan memahami adanya :
a)
Berbagai masalah kependudukan dalam
hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
b)
Masalah individu, keluarga dan masyarakat
c)
Masalah pemuda dan sosialisasi
d)
Masalah hubungan antara warga Negara
dan Negara
e)
Masalah pelapisan sosial dan
kesamaan derajat
f)
Masalah masyarakat perkotaan dan
masyarakat pedesaan
g)
Masalah pertentangan-pertentangan
sosial dan integrasi
h)
Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan
teknologi bagi kemakmuran dan keesejahteraan masyarakat
Daftar
Pustaka
elearning.gunadarma.ac.id/.../ilmu_budaya_dasar/bab1-tinjauan_tentang_ilmu_budaya_dasar
elearning.gunadarma.ac.id/.../bab1ilmu_sosial_dasar_sebagai_salah_satu_mata_kuliah_umum_2